Featured Post

Cara Mengatasi Cartridge tidak Terdeteksi Not Recognized Pada Printer Canon

 Salam Sejahtera untuk para pembaca setia blog ini, Seperti Biasanya Kali ini kita Coba Berusaha untuk mengatasi salah satu masalah error ya...

Home » » Beberapa Kendala Pengguna Printer Canon Dan Cara Mengatasinya

Beberapa Kendala Pengguna Printer Canon Dan Cara Mengatasinya

Posted by Pusat Tutorial on Rabu

Kita tahu dan sudah tidak bisa kita sangkal lagi bahwa Printer canon adalah salah satu Merk Printer terbaik yang pernah ada, apalagi di negara kita ini, negara indonesia, bahwa sebagian besar pengguna printer, umumnya lebih condong menggunakan Printer yang bermerk Canon, "Printer Canon Itu Jauh Lebih Irit" mungkin itulah alasan mengapa sebagian besar dari kita masih mengedepankan Printer Canon dibanding kan dengan Printer bermerk lainnya.

Memang ada banyak sekali kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Printer Canon dibandingkan dengan Beberapa merk terkenal lainnya, apalagi jika lihat dari segi harga, Printer canon mempunyai harga yang cukup terjangkau jika kita bandingkan dengan yang lainnya, Misalnya saja dengan mengeluarkan biaya sekitar 700 ribuan, anda sudah bisa memiliki printer yang three in one, yakni Print, Scan,dan copy. namun disisi lain ternyata ada banyak sekali keluhan yang dirasakan bagi penggunanya, khususnya masalah kerusakan-kerusakan yang timbul. oleh karenanya, melihat hal tersebut, ditulisan ini saya akan mencoba untuk share berdasarkan pengalaman saya selama bertahun-tahun menggunakan printer canon Mengenai apa saja jenis-jenis Permasalahan yang umumnya terjadi dan bagaimana cara mengatasinya,  Nah!! apa-apa saja Trouble Shouting tersebut, silahkan anda simak!

Jangan lupa Baca :


Head Mampet

Saya yakin dan saya berani menjamin bahwa tidak ada pengguna printer yang belum atau  tidak pernah mengalami hal seperti itu kecuali jika Printer anda baru anda Beli kemarin atau seminggu yang lalu, tapi coba anda pakai sekurang-kurangnya 3 bulan, Memang yang namanya printer Itu pasti ada yang namanya kerusakan, tapi Khusus untuk masalah Head Mampet, justru Canon lah yang paling rawan terkena mengenai masalah Head tersebut, Head Yang Mampet umumnya sangat erat kaitannya dengan penggunaan tintanya, ada banyak yang mengatakan bahwa Penyebab Mampet itu disebabkan karena tinta, maka gunakankalah tinta yang berkualitas, memang menggunakan Tinta yang berkualitas memiliki pengaruh yang kuat terhadap Head Printer, akan tetapi menurut saya dengan menggunakan tinta yang baik bahkan yang original pun, itu tidak menjamin bahwa Printer anda tidak akan mampet lagi,  Mengapa? alasannya karena saya juga pernah menggunakan Tinta Original sekedar ingin tahu saja,  dan ternyata masalahnya masih sama saja, walaupun agak kurang sedikit sih,, jadi mau tidak mau jika anda termasuk salah satu Pengguna Printer Canon anda harus tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut, untuk masalah itu, anda bisa membacanya di sini, Cara Mengatasi head yang mampet.

Head Cepat Rusak
Apakah seperti itu? itu berdasarkan asumsi saya pribadi saja,Memang Printer Canon Saya Acungi jempol soal Keiritan Komsumsi tintanya, Namun Head sangatlah rentan terhadap kerusakan, tergantung pemakaian juga sih, Meskipun Cartridge bisa kita dapatkan dengan mudah, tapi justru itulah yang membuat kita pengguna printer canon harus mengeluarkan biaya lebih lagi untuk mengganti cartridge setiap kali ada masalah yang berhubungan dengan Head, bayangkan saja,, saya pernah mengganti Cartridge 3 kali dalam kurun waktu sekitar 7 bulan, tapi memang sih,, skala cetaknya itu relatif besar, tapi menurut saya, itu tergolong sangat cepat jika saya bandingkan dengan printer Epson Seri L yang saya gunakan sekarang ini.

Saya yakin jika anda sudah lama menggunakan printer canon dan juga menggunakan Printer Epson, anda juga tahu sendiri bagaimana rutinnya anda mengganti cartridge pada printer canon Anda anda, saya juga kurang tahu mengapa pihak Canon kurang memperhatikan masalah yang satu ini. Jadi apa yang harus kita lakukan? Teruslah Membaca! umumnya Head yang rusak biasanya diindikasikan dengan dua ciri-ciri yakni yang pertama adalah  Cartridge Tidak Terbaca  atau tidak terdeteksi sama sekali saat Cartridge kita pasang ke carriage nya,yang kedua adalah Hasil Cetak Tidak Maksimal alias Putus-putus, hasil cetak yang putus-putus  terbagi lagi menjadi Dua faktor atau dua penyebab yakni
  1. Tinta yang ada pada Cartridge tidak tersebar secara menyeluruh kedalam Lobang-Lobang head, atau biasa kita kenal dengan istilah Nozzle, yang berfungsi untuk menyalurkan tinta saat melakukan aktivitas cetak-mencetak, untuk masalah yang satu ini menurut saya anda jangan terlalu panik dulu silahkan anda baca di Mengatasi Hasil Cetak Putus-Putus.
  2. Over Head, atau kelebihan beban saat melakukan aktivitas cetak-mencetak, sehingga Head menjadi panas dan merusak Head, kalau masalah ini yang muncul , yaaa anda harus pasrah saja karena tidak ada jalan lain selain anda harus mengganti Cartridge tersebut dengan yang baru. indikasinya juga tidak jauh berbeda dengan point pertama tadi di atas, Hasil Cetak juga bergaris atau putus-putus, namun hal tersebut bukan disebabkan karena faktor tinta, melainkan memang Headnya yang rusak akibat panas yang berlebihan.

Rentan Terhadap Error
Coba saja perhatikan, Jika anda menggunakan Printer Canon, saya sangat yakin bahwa Anda pasti akan menemukan banyak sekali jenis-jenis kode error yang muncul secara tiba-tiba, baik itu dalam skala yang ringan sampai ke tingkat yang berat. Disinilah letak Kelebihan Printer Epson dibandingkan dengan Printer Canon, sejauh ini yang saya alami, Printer Epson yang sangat identik dengan kata-kata Boros, Justru Printer yang satu inilah sangat Minim terhadap Error-Error, tidak seperti dengan Printer Canon, Meskipun ada biasanya Error Pada Printer Epson muncul jika memang ada Keruskan yang cukup fatal pada printer tersebut biasanya Korsletting dan sebagainya, Dan harus dilakukan perbaikan secepatnya. Namun meskipun demikian bukan berarti bahwa Canon itu Kalah dengan Printer Epson, tidak juga menurut saya, coba anda lihat Kelebihan Printer Canon, disitu sudah saya tulis secara detail apa-apa saja kelebihan yang dimiliki oleh printer tersebut.

Itulah masalah umum yang paling banyak kita jumpai jika kita menggunakan Printer Bermerk Canon, sebenarnya masih ada masalah-masalah yang lainnya, namun menurut saya itu sedikit lebih kompleks alias lebih mendetil lagi, dan harus kita tulis secara terpisah, karena yang namanya Trouble shouting itu berbeda-beda, tergantung dari Seri dari Printer Tersebut, meskipun printer itu masih satu bawaan dari Canon. Yang saya tulis disini hanyalah berdsarkan pengalaman saya pribadi saja selama menekuni dunia service printer, jadi saya rasa semuanya sudah cukup jelas, jika ada yang kurang di pahami, jangan sungkan untuk bertanya, saya akan mencoba menjawab sebisa mungkin. Olehnya itu saya rasa Cukup sekian, akhir kata Wassalam.....

Baca :






Related Posts

2 komentar:

  1. Tutorialnya Memberikan Pencerahan, Makasih Banyak Min

    BalasHapus
  2. Artikelnya Membantu Banget, Keep Posting Min

    BalasHapus

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..