Home » » Cara Atasi 2 Error Umum Epson L Series ( L110, L210, L300, L350, L355) Dll

Cara Atasi 2 Error Umum Epson L Series ( L110, L210, L300, L350, L355) Dll

Jangan Lupa Baca

Salam Epsoner,, Kali ini Bang Admin Mencoba untuk membagikan lagi satu tulisan, yang mana tulisan ini kita fokuskan pada Printer Epson L series, seperti yang anda lihat pada judul di atas, disini kita bahas 2 Masalah atau Error umum  yang muncul pada printer Epson berseri L110, L210, L300, L355, dan seterusnya. Nah Mengapa dikatakan Error Umum? Pertanyaan yang logis, hal ini disebabkan karena Error yang  di bahas kali ini bisa kita katakan Error yang paling sering muncul, atau Error yang sudah Lumrah jika anda menggunakan Printer berseri yang di sebutkan di atas..

Dan bahkan berdasarkan pengalaman, Error inilah yang paling Banyak menimbulkan kesalah pahaman ketika kita menghadapi error ini, Ada yang mengatakan Rusak lah dan sebagainya, Jadi tulisan ini saya mencoba mengajak anda untuk memahami, mengapa Error tersebut Muncul serta bagaimana cara mengatasinya.

Nah apa saja Error yang di maksud disini? Error tersebut adalah :
  • Error Ink Run Out dan 
  • Error Ink Waste Is Full
Kedua jenis error tersebut adalah Penyakit umum, dan berdasarkan pengalaman Menghadapii Printer ini, sebagian besar error inilah yang menyebabkan  Printer anda Masuk Ke Tukang Service. jadi jika anda sering menemukan Error, jangan dulu terburu-buru membawanya ke tukang service, mungkin artikel ini bisa membantu anda.. Nah Untuk lebih jelasnya lagi mengenai kedua Error tersebut akan kita urai satu Per satu, tujuannya supaya anda bisa lebih paham dan tidak merasa kebingungan lagi ketika menemukan kondisi printer seperti ini..

--Error Ink Run Out--
Error yang yang pertama adalah Error Ink Run Out, Mungkin saja anda Bingung apa maksud dari Error ini, jadi Simpelnya Error ini Muncul Ketika Printer Mendeteksi bahwa Tinta pada Cartridge Printer Sudah Di ambang batas, (Tidak ada Tinta di dalam Cartridge).. Biasanya Jika Error ini muncul, anda akan melihat peringatan seperti gambar di bawah ini



Contoh di atas saya menggunakan Printer L110, Namun saya rasa peringatan ini tidak jauh berbeda dengan Tipe L series yang lainnya. terkait dalam hal ini, Saya sendiri pernah menemukan Pertanyaan, Nah pertanyaannya itu seperti ini "
Bang Printer saya Error, Muncul Pringatan Di Status Monitor katanya Tidak ada tinta di dalam Cartridge,  padahal udah saya cek, cartridgenya tintanya full, tinta pada tabung juga sudah saya isi penuh, Kira-Kira kenapa Bang?"

Jangan Lupa Baca :
Solusi Printer Epson L Series Menarik Kertas Banyak (Part 1)
Trik Atasi Printer Epson L Series Menarik Kertas Banyak (Part 2)

Nah Jika inti pertanyaan anda juga Mirip seperti yang ada di atas? itu artinya anda keliru, Mengapa saya mengatakan demikian?, Jadi perlu anda ketahui, pada dasarnya Status Monitor yang anda lihat itu tidaklah akurat berdasarkan fakta yang ada, Lho?? Memang seperti itu, Printer tidak mendeteksi banyak atau tidaknya kuantity tinta berdasarkan Kuantity yang ada di dalam tabung. Lantas Bagaimana??,, Printer itu mendeteksi Banyak atau tidak nya tinta berdasarkan perhitungan, terhadap Seberapa Besar aktivitas pencetakan yang telah di lakukan,.

Itu artinya, meskipun anda telah mengisi tinta pada tabung Printer dan cartridge Printer, itu tidak ada pengaruhnya sama sekali, terhadap Indikator Status Monitor Printer anda, Jadi saya rasa sampai disini Anda sudah cukup paham.. nah Pertanyaan selanjutnya adalah Bagaimana mengatasi Error yang satu ini??. Untuk mengatasinya, anda di wajibkan untuk Mereset indikator tinta anda hingga terdeteksi full Kembali agar printer bisa lagi melakukan aktivitas pencetakannya. Bagaimana Caranya? itu pernah kita bahas dan Anda bisa mempelajarinya disini Cara Reset Ink Run Out Epson L110,L300,L350,L355

--Error Ink Waste Is Full--
Error yang kedua adalah Ink Waste Is Full. nah kalau ini lain lagi, berbeda dengan error sebelumnya yang kita kupas di atas, jenis error ini juga paling sering muncul, bisa kita katakanf mau tidak mau, pasti akan muncul saat anda menggunakan printer, Mengapa?? perlu juga anda ketahui , bahwa peringatan ini mengindikasikan kalau Penampungan Pembuangan Tinta pada printer anda sudah penuh, dan harus diganti dengan yang baru,.

Namun mengganti penampungan tersebut bukan sepenuhnya bahwa, masalah yang anda hadapi sudah tuntas, bukan seperti itu, Mengganti penampungan tersebut bukan menjadi inti pemecahan masalah Printer Error ini, lantas Bagaimana caranya? Anda juga Harus Melakukan Reset Pada printer, namun reset yang ini berbeda dengan cara yang pertama tadi, disini anda di wajibkan memiliki sebuah tool atau Software yang di kenal dengan istilah Resetter.
Perlu saya perjelas lagi, Bahwa printer itu memiliki sebuah komponen atau part yang mana gunanya untuk menyimpan semua aktivitas Pencetakan yang di lakukan selama ini, atau bisa kita katakan sejenis memori yang menyimpan semua data. nah jika kapasitasnya sudah penuh, maka mau tidak mau, anda harus menghapus data tersebut, agar printer bisa kita gunakan lagi seperti biasanya, itulah tadi mengapa saya mengatakan bahwa error ini adalah Error umum yang seringkali muncul.

Setiap printer memiliki resetter yang berbeda-beda, sesuai dengan apa tipe yang anda gunakan. Jika anda menggunakan Epson L110 anda wajib memiliki Program Resetter L110 begitu seterusnya. Jadi Untuk yang satu ini saya rasa anda tidak perlu khawatir, anda bisa mencari dan mendownload resetter tersebut sesuai dengan tipe printer yang anda gunakan, jadi simplenya seperti itu.

Jika anda menggunakan Printer L110,L300,L350 dan L355 dan menemui error seperti ini, anda bisa mempelajari cara mengatasinya disini Cara Reset Ink Waste Is Full Epson L110,L300,L350,L355, disitu sudah dibahas secara lengkap, tata cara atau langkah-langkahnya mengatasi Inks waste Is Full ini.

Bagaimana? sudah cukup paham? jadi saya rasa untuk artikel kali ini cukup dulu sampai disini, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada anda, harapan admin adalah tidak lain sekedar ingin membantu sobat epsoner saja, jika ada yang kurang jelas anda bisa meninggalkan pertanyaan melalui kotak komentar yang telah di sediakan di bawah ini,. akhir kata, semoga berhasil, See You Next Time and Wassalam :)

Jangan Lupa Baca


12 komentar:

  1. Anonymous13:51

    kalo yang terjadi communication error gimana bang.. pada epson L350. kasusnya setelah blinking pada lampu merah/indikator tinta minta di reset.. setelah direset yang terjadi malah communication error.. penah ngalamin gak tuh.. thanks. advisenya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek koneksi antara Printer ke komputer dulu mas, setau ane sih kalau Printer udah Berhasil Di reset, itu artinya Tidak Ada kesalahan, atau Koneksi printer dengan Komputer baik-baik saja, kecuali kalau saat di reset terjadi komunication Error, Wah itu bisa kita pastikan kalau yang bermasalah itu adalah Tools Resetternya mas, Resetternya Gak Support atau emang resetternya yang Error, saran ane Coba Cek Kabel Compatibel apa Nggak..

      Delete
    2. kalau dilayar muncul epson not ready kenapa yach?padahal posisi printer on tinta penuh, terima kasih sebelumnya

      Delete
  2. makasih mas sangat -sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Arman, Senang bisa membantu :)

      Delete
  3. Klw printet epson l210 kelap kelip bersamaan 3 lampunya,,,gimana ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar masalahnya cuman mau di reset. Penyakitnya epson Memang seperti itu..

      Coba KE link Ini
      http://printerarea.blogspot.com/2013/12/cara-reset-ink-run-out-epson-l110.-L300-L350-L355.html

      Disitu Sudah Dijelaskan dengan detil. Semoga Membantu

      Delete
  4. Anonymous15:57

    nuwus bang

    ReplyDelete
  5. Mas kalo epson L120 status monitor service required lampu berkedip bergantian tidak bisa ngeprin kenapa y??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti Ic Counternya mas

      Delete
  6. kalo yang terjadi communication error gimana mas.. pada epson L110. kasusnya setelah blinking pada lampu merah/indikator tinta minta di reset.. setelah direset yang terjadi malah communication error

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya komunikasi printer dengan komputer gagal mas, coba cek bagian usb, pindahkan ke slot yang lain

      Delete

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..