Home » » Memperbaiki Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Memperbaiki Printer Tidak Bisa Menarik Kertas

Jangan Lupa Baca

Printer macet dan tidak bisa menarik kertas menurut pengalaman saya pribadi, merupakan kendala umum yang jarang terjadi. pasalnya semenjak saya mulai aktiv dalam dunia service Khususnya Printer, kurang lebih baru sekitar 2 sampai 3 printer yang sempat saya temuai dalam kondisi seperti ini, yang ada biasanya Head Printer mampet, Hasil Cetakan Putus-putus, dll. Sebelum saya membahas lebih jauh, terlebih dahulu saya akan menjelaskan  beberapa penyebab atau faktor yang dapat menyebabkan  Printer yang tidak bisa menarik kertas antara lain :

Penyebab Printer tidak bisa menarik kertas
  1. Ada sesuatu yang mengganjal di dalam printer, Misalnya ada benda-benda asing yang sempat masuk kedalam printer, sehingga benda tersebut menghalangi kertas dan pada akhirnya roller (Karet Penari Kertas) tidak bisa menarik saat proses pencetakan sedang berlangsung. Jadi untuk menhindari masalah seperti ini kedepannya sebaiknya anda menutupi printer dengan apa saja setiap anda selesai melakukan aktifitas cetak-mencetak.
  2. Roller Printer (Penarik kertas)  telah aus atau sudah mulai menipis sehingga roller tidak bisa lagi menjangkau posisi kertas. biasanya penyebabnya karena memang usia Roller tersebut sudah terlalu lama sehingga habis di makan usia.
Jangan Lupa Baca
Cara Mengatasi 
  1. Cek terlebih dahulu, Pada point pertama di atas, Itu berarti anda harus membongkar printer anda. Cari benda tersebut! kemudian singkirkan benda asing  dari printer.
  2. Jika telah di cek dan ternyata tidak ada yang mengganjal, berarti yang bermasalah ada pada Rollernya. Nah!! bagaimana mengatasi hal semacam itu?? sebenarnya cara yang paling mudah adalah dengan  mengganti roller dengan baru dan ada banyak sekali yang menyatakan hal demikian. Tapi disini saya akan memberikan kepada anda bagaimana cara memperbaiki Roller yang telah aus tersebut. untuk itu silahkan anda ikuti beberapa tahap di bawah
Cara Memperbaiki Roller Printer
tapi sebelum kita membahas yang satu ini, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan sebuah selotip, atau Isolasi,jika telah siap, ikuti beberapa tahap di bawah ini
  1. Lepas Roller Printer, juga bagian karet yang ada pada roller tersebut seperti di bawah ini


    Contoh Roller Printer Yang sudah saya Lepas Karetnya
  2. Ambil Selotip, lalu lilitkan di bagian roller, tepat dibawah karet di letakkan. tapi jangaan terlalu banyak, 2 sampai 3 lilitan sudah cukup.
  3. Pasang lagi karet rollernya.
  4. Pasang Roller ke Printer seperti semula.
  5. selesai.
Setelah anda menerapkan beberapa tahap di atas selanjutnya silahkan anda melakukan tes cetak, jika belum berhasil, ulangi lagi tahap di atas lalu, tambah satu lilitan lagi selotipnya. Jika anda menerapkan beberapa tahap di atas dengan benar, maka saya jamin Roller bisa berfungsi dengan baik seperti sebelumnya. cara ini pernah saya terapkan jauh sebelum saya menulis ini dan alhamdulillah 100% berhasil. untuk itu Cukup sekian Semoga Membantu

Jangan Lupa Baca

Jangan Lupa Baca


28 komentar:

  1. kalau printer epson L110 saya narik kertasnya miring, tulisannya pun jadi pada miring semua, kira-kira kenapa ya? padahal saya sudah naruh posisi kertasnya dengan benar
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous15:22

      Mungkin,yang punya printer nya otak nya juga miring....

      Delete
    2. ada-ada aja gan, hehe

      Delete
    3. Anonymous18:00

      LOL :v

      Delete
    4. Ada yg nyangkut mungkin gan

      Delete
  2. L 120
    kertas tidak bisa masuk ke dalam kira-kira cuma 2 cm
    itu bagaimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar ada yang mengganjal di dalam mas

      Delete
  3. bagaimana cara melepas cover printer L210
    sekalian share letak screwnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesini aja Mas,

      http://printerarea.blogspot.com/2015/07/solusi-printer-epson-l-series-menarik-kertas-banyak-part1.html

      udah Dijelasin Disitu..

      Delete
  4. kalo kertas hps bisa gan tpi klo pke kertas photo ga bisa narik apanya tuh..gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Pernya Gan, Yang mendorong kertas, Coba agan ganti dengan per yang sama.

      Delete
    2. Anonymous20:05

      per yg mna gan ada 2 pernya

      Delete
    3. per yang ada di bagian belakang rear tray, yang mendorong kertas masuk ke printer.. harus kita ganti

      Delete
  5. Anonymous11:00

    Brother DCP-J100 InkBenefit sering error, selalu ada peringatan paper tidak di masukan, padahal semua sudah terisi penuh ? trims

    ReplyDelete
  6. Anonymous14:30

    gan caranya buka roller printernya gmna? di tarik apa di apakan

    ReplyDelete
  7. Anonymous14:30

    wdadawdadawdd

    ReplyDelete
  8. gan caranya gmna gan buka roller printernya?
    di tarik pa gmna gan?
    kok susah bukanya?
    kira" bukanya jam berapa?
    kwkwkww........ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. GAK RUMIT KOK GAN, CUMAN AGAK PANJANG KALAU ANE JELASIN DISINI JARI ANE BISA KRITING HEHE, KALAU MAU LEBIH JELAS AGAN BISA BERKUNJUNG KE LINK INI.

      http://printerarea.blogspot.com/2014/03/memperbaiki-epson-l110-menarik-kertas.html

      SEMOGA MEMBANTU..

      Delete
  9. min print punya aku canon E-400 uda di isi ulang tintanya tp pas di coba ngeprint tetap aja kebaca titanya abis,,,,,mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Di reset Manual, Tekan dan tahan tombol Resume selama 5-10 detik

      Delete
  10. gan ini printer gw kan belum ada 1 tahun masa belinya. jadi belum lama ini gw ngeprint mendadak tuh kertas pada ketarik semua dan nyangkut. lalu saya matiin dan saya tarik keluar pelan" tuh kertas tadi.tapi masalahnya selepas itu saya hidupin kembali dan coba ngeprint tapi printernya gak mau ngeprint dan tidak ngerespon sama sekali. padahal gak ada laporan error, udah saya cek juga gak ada apa" yang nyangkut. kira" apa itu yang rusak ya gan ? terima kasih mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek dulu, Status Printernya, Ready tau Tidak

      Delete
  11. Assalam
    Gan printer epson L555 gw narik kertas nya miring terus gak masuk semua jadi paper jam, cara buka roller nya gimana Gan??
    Mohon Bantuannya.

    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam,,, Untuk Paperjam udah di ulas di artikel sebelumnya, agan bisa lihat di link di bawah ini.

      Memperbaiki Printer Epson L Series Paper Jam

      Khusus L555 Emang belum di terbitkan tutorialnya, tapi secara garis besar saya rasa penyelesaiannya sama saja dengan epson L series Lainnya, jadi untuk sementara semoga tutorial tersebut bisa membantu.. Nanti Kita Buatkan Artikel Yang lebih Detil membahas Epson L555

      Delete
  12. epson 1390 kalo ngeprit pake kertas a3 260gsm lancar tapi kalo nyetak pake kertas injek 220gsm kertas gak mau turun kira2 apanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. berdasarkan Pengalaman Dan Pemahaman ane, printer yang menarik kertas yang tidak normal, Penyebabnya itu ada 3, yaitu pegasnya, roller bawah, dan roller atas, namun saran ane coba di ganti dulu pegas yang ada di bagian belakang Roller, kalau belum ada perubahan, Coba cek Lagi Bagian Roller Bawahnya, Cara Perbaikannya bisa anda cek di link di bawah..

      Cara Memperbaiki Roller Bawah Printer Epson

      Semoga Bisa membantu

      Delete
  13. Printer EPSON LQ-2190 kan ada 3 option tuh bang ngeprintnya ... Kalo yg dari bawah buat ngeprin kertas yg ada lobang2nya disamping ,itu gak masalah.. Tapi kenaapa pas saya coba masukin kertas dari atas, dy gak mau narik... Harus agak di dorong baru mau narik... Itu pun hasil print nya nggak sesuai dengan format yg di komputer. Tolong ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu per pendorong kertasnya yang udah kendor, solusinya harus kita ganti

      Delete

Malu Bertanya Sesat Dijalan, Jika Ada yang Kurang Jelas, Silahkan Meninggalkan Komentar..
Komentar Anda Akan di Moderasi terlebih dahulu dan Ditampilkan setelah Disetujui Oleh admin..